Selasa, 17 Januari 2017

Perintah DOS Dalam Jaringan

Disk Operating System(disingkatDOS) adalah keluargasistem operasiyang digunakan dikomputer pribadi. Sekarang, istilahDOSmenjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupadisksaat sistem komputer dinyalakan.Keluarga DOS terbagi menjadi beberapa kelas, yakni:
*.MS-DOS(MicrosoftDisk Operating System), termasuk di antaranya adalah TandyDOS,CompaqDOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuatsistem komputer IBMPC/Compatible.
*.IBMPC-DOS(International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBMPC.
*.DR-DOS(Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistemoperasiCP/M,Gary Kildall.
*.Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisiDigital Research Incorporated).
*.CalderaDOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
*.FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitasopen source.

Di Bawah Ini adalah beberapa perintah dos yang dapat di gunakan dalam suatu jaringan:
- Ping : Memverifikasi koneksi ke komputer lain dengan mengirim pesan ICMP (Internet Control Message Protocol)
- Tracert: Menunjukan rute yang di lewati paket untuk mencapai tujuanya
- Telnet: Telnet Client & Telnet server bekerjasama agar user dapat berinteraksi dengan komputer remote.
- NetStat: Menampilkan Koneksi TCP yang aktif.
- ARP: Menampilkan Cache Adress Resolution Protocol (ARP), Yaitu beberapa tabel yang menyimpan alamat IP
- IPConfig: Menampilkan semua konfigurasi TCP/IP & Memperbarui Seting Dynamic Host Configuration Protocol(DHCP) dan Domain Name System (DNS)